Halaman

Rabu, 11 Januari 2012

Apa itu Alkitab ?

 


Apa itu Alkitab? Mengapa harus Alkitab ? Isinya apa? Pertanyaan seperti itu sering muncul baik di kalangan orang yang belum mengenal dan sedikit kenal. rasa ingin tau yang kuat dan tak luput juga dari pengaruh-pengaruh skeptic media internet dan lingkungan yang cenderung melihat dari sudutpandang mereka sendiri menjadikan pemahaman akan Alkitab yang keliru dan salah kaprah. Sah-sah saja tidak ada satupun yang melarang dan tidak ada satupun yang ditutupi bilamana ingin tau apa sebenarnya Alkitab dan sejarahnya.
Alkitab adalah kitab suci agama Kristiani di semua denominasi. Isinya dibagi atas dua bagian utama yaitu Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru. 

Dalam Alkitab Perjanjian Lama tersebut tersusun berdasarkan sejarah peristiwa

Kejadian  · Keluaran  · Imamat  · Bilangan  · Ulangan


Kitab sejarah
Yosua  · Hakim-hakim  · Rut  · 1 Samuel  · 2 Samuel  · 1 Raja-raja  · 2 Raja-raja  · 1 Tawarikh  · 2 Tawarikh  · Ezra  · Nehemia  · Ester


Kitab puisi


Kitab nabi-nabi besar
Yesaya  · Yeremia  · Ratapan  · Yehezkiel  · Daniel


Kitab nabi-nabi kecil
Hosea  · Yoël  · Amos  · Obaja  · Yunus  · Mikha  · Nahum  · Habakuk  · Zefanya  · Hagai  · Zakharia  · Maleakhi

Perjanjian lama ini juga sebagai kitab suci yang dipakai agama yahudi. Menggunakan bahasa ibrani dalam penulisannya, hanya kitab Daniel yang menggunakan bahasa aram atau aramaik. Kitab utamanya Taurat/Tanakh kelima kitab pertama dalam Alkitab. Tanpa Taurat dan perjanjian lama maka tidak ada kitab-kitab berikutnya hingga Perjanjian Baru yang berakhir di kitab wahyu, karena Turat dan kitab-kitab lainnya di perjanjian lama adalah dasar pondasi ke Tuhidan dan nubuat  Tuhan yang benar terjadi. Bangsa yahudi menjaga ,mempertahankan dan melaksanakan isi taurat/perjanjian lama ini beserta tradisi-tadisi yudaisme, karena dari sinilah semua kisah bangsa yahudi, firman Tuhan, nabi-nabi yang juga leluhur mereka dan nubuat yang disampaikan terjadi dan ditulis. Namun bukan berarti kristen adalah cabang yahudi atau yahudi masakini adalah kristen. Karena yahudi adalah suku bangsa dan agama, Abraham sebagai leluhur pertama mereka, yang dari keturunan yakub mulai disebut Israel hingga kini dan menjadi saksi hidup keberadaan dan kecintaan Tuhan dan nabi yang telah mereka rasakan. dalam yahudi, pada dasarnya mereka tidak memegang Perjanjian Baru selain Turat dan kitab yang dipercayai lainnya. Pengikutnya adalah orang berdarah yahudi yang tersebar di seluruh belahan dunia termasuk  di indonesia walaupun tak semua keturunan yahudi memeluk agama yahudi. Kristen menjunjung tinggi keberadaan Taurat beserta firman-firmanNya, sehingga menjadikannya bagian dari keseluruhan Alkitab, karena sebagai pondasi dan awal mula manusia mengenal Tuhan beserta nubuatNya selain itu nubuat-nubuat Tuhan yang sangat dinanti-nantikan lewat perantara nabi-nabi juga ada Perjanjian Lama dan tergenapi di Perjanjian Baru. Dan sudah menjadi seharusnya sebagai agama yang mengakui berakar dari Abrahamik beserta nabi-nabi terdahulu untuk menjunjung, menghargai taurat dan mempelajari tanpa merubah alur cerita bahkan sejarah sebenarnya yang telah tertulis dalam taurat. Agar semua umat manusia di seluruh bumi merasakan cinta kasih Tuhan terhadap ciptaanya bukan hanya kepada orang yahudi di Israel. yang menjadi berbeda adalah Kristen bukan untuk suatu suku bangsa saja melainkan untuk seluruh umat manusia di bumi, ajarannya bersifat universal, tidak terikat oleh adat istiadat. Menyampaikan pokok-pokok keimanan manusia, perintah dan hukum Tuhan yang paling terutama untuk di terapkan umat manusia. jadi, Christian is not Judaism

Perjanjian Baru
 
Matius · Markus · Lukas · Yohanes


Kisah Para Rasul


Surat-surat rasul


Wahyu
Wahyu
           
Perjanjian Baru ditulis dalam bahasa Yunani, adalah dimana janji Tuhan lewat nubuat yang disampaikan oleh nabi-nabi dalam Perjanjian Lama (Kitab yahudi) digenapi, pokok dan isinya adalah tentang kedatangan Mesias/Yesus Kristus yang membawa terang damai bukan hanya untuk kaum Yahudi Israel namun untuk semua bangsa yang tersesat. Dari cara Ia turun ke dunia dan ada di bumi secara nyata bersama manusia yang berdosa, bermujizat hingga Ia kembali ke sorga, semua sudah dinubuatkan oleh para nabi-nabi terdahulu. Dikisahkan riwayatnya dalam empat kitab pertama dalam Perjanjian Baru yang biasa disebut dengan Injil. Lalu dakwah dari 12 Rasul pilihan Yesus yang sesuai amanatNya sebelum kembali ke sorga untuk mengkabarkan & mengingatkan ke semua orang di seluruh bumi, tentang apa yang telah mereka lihat dan rasakan secara nyata, juga apa yang telah diajarkan & dialami yang dirasakan pula oleh  puluhan ribu orang pada zaman Yesus Kristus ketika ada bersama mereka. Semua dikisahkan mulai dari kitab para rasul dan surat-surat rasul.

Melihat dari susunan dan isi Alkitab dari Perjanjian Lama hingga Perjanjian Baru berakhir (penutup) terlihat bahwa Alkitab turun tidak dalam kurun waktu yang singkat, tidak dalam kurun waktu kurang dari lima puluh tahun atau ratusan tahun, tetapi dalam kurun waktu ribuan tahun dari zaman Sebelum Masehi (SM) hingga Masehi turun (M) . Mencatat secara terperinci sejarah awal bumi ini beserta isinya, manusia yang awal, dosa awal, mujizat dan hukuman Tuhan pada manusia, Kasih yang ditunjukkan Tuhan kepada manusia lewat nabi-nabi yang dipilih-Nya. kisah hidup nabi-nabi dan perbuatannya yang ternyata tak luput dari godaan iblis. Dijaga dan dijalankan secara turun temurun oleh umat yang percaya akan keselamatan yang datang daripada Tuhan dan hanya Tuhan lah yang patut disembah, Tuhan semesta alam. Dan pemikiran-pemikiran Tuhan yang diluar nalar manusia. Nubuat Tuhan serta penggenapannya, Semua tercatat dalam Alkitab. Jadi Alkitab turun secara keseluruhan bukan dalam waktu singkat dan tidak datang secara tiba-tiba dari langit, atau datang dari suara langit yang bercerita panjang lebar dari ayat ke ayat dan dicatat oleh suatu orang,  Tetapi datang dari Tuhan sendiri ketika kejadian/peristiwa dan perintah-Nya yang dimaksud dalam tiap kitab itu terjadi lewat para nabi-nabi serta peristiwa yang akan terjadi (termasuk kiamat).

Ayat alkitab tidak hanya berisi tentang klaim-klaim, cerita-cerita saja, namun menulis dengan konteks, catatan peristiwa, latar belakang, dengan keterangan geografis, maksud suatu nubuat/perintah dan masih banyak lagi. Arti dan kesimpulannya adalah ayat alkitab tidak bisa dicomot seenaknya dan berdiri sendiri, karena jelas akan membuat kerancuan dan penafsirannya salah. Inilah yang biasanya dipakai oleh orang-orang “awam” entah asli “awam” atau berpura-pura seperti itu untuk bertujuan melecehkan.

Bagi umat Kristen, Alkitab adalah kitab terakhir, tidak ada kitab atau nabi lagi yang akan turun dan menyusun kitab atau membuat keyakinan baru, dengan penutup dalam Perjanjian Baru berupa kitab wahyu yang terakhir dan yang paling luar biasa, berisi penglihatan, lambang, tanda dan bilangan serta hal-hal lain. mengutarakan pemikiran serta kesusasteraan apokaliptik dalam gaya bahasa dan penuturan dalam kitab ini. Kitab ini sekaligus merupakan suatu penyingkapan suatu nubuat, dan suatu gabungan dari tujuh surat juga merujuk pada kode simbolis, tanda-tanda atau ciri-ciri akhir zaman yang pasti akan kita hadapi dengan turunnya Mesias Juru Selamat, Hakim dari segala hakim untuk menghakimi yang hidup dan yang mati akan datang kedua kalinya di akhir zaman nanti. Kita yang masih dikarunia nyawa untuk hidup benar dan menjauhi yang tercela telah diajarkan untuk menanti misteri terbesar atas Hari Penghakiman, tidak satupun orang yang tahu akan hari itu.


Manuskrip Laut Mati Taurat dan
keseluruhan Alkitab dapat dibaca
secara online dibawah ini
.
http://dss.collections.imj.org.il/
http://bibledbdata.org/onlinebibles/indonesian_tb/index.htm
http://www.biblesociety.org.lb/bible/bible_arabic.html